M a n g - O m e t - T e a


PASAR FLORA | TREND FLORA | WISATA FLORA


Friday, April 10, 2015

Manfaat Sirsak

Buah sirsak memiliki morfologi yang khas, dengan duri tidak tajam pada kulitnya berwarna hijau dan daging buah putih, serta rasa sedikit masam (ada beberapa jenis yang berasa manis). menurut ilmiah buah sirsak ini memiliki kandungan yang dapat bermanfaat mengobati berbagai penyakit.

Akan tetapi berbeda dengan tanaman buah lainnya, tanamn sirsak tidak hanya buahnya saja yang dapat bermanfaat mengobati sejumlah penyakit, akan tetapi hampir semua bagian tanaman ini bermanfaat. untuk lebih jelas tentang manfaatnya, dapat dilihat pada paparan berikut ini:

Buah sirsak kaya akan kandungan zat penting yang dibutuhkan tubuh, selain itu daging buah sirsak memiliki senyawa sitotoksik yang cukup kuat, yaitu acetogenins merupakan senyawa bioaktif yang berfungsi sebagai sitotoksik di dalam tubuh manusia.

daging buah sirsak dipercaya dapat mengobati dan mencegah penyakit batu empedu, asam urat, disentri, batu ginjal, dan osteoporosis. selain itu dapat digunakan sebagai obat anti sembelit dan peningkat nafsu makan, serta perangsang produksi ASI pada kelenjar mamae. Bahkan di Haiti, buah sirsak digunakan untuk meredakan demam, sedangkan di Peru buah sirsak digunakan untuk mengobati penyakit diabetes melitus (DM).

sedangkan daun sirsak memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan. Terutama secara tradisional, daun sirsak ini sudah digunakan di seluruh belahan dunia untuk mengobati berbagai penyakit. beberapa daerah atau negara memiliki pemanfaatan yang berbeda dengan daerah lainnya, diantaranya: mengobati diabetes (di Peru), meredakan demam (di Afrika dan kalimantan), darah tinggi (di Serawak, Malaysia), antipasmodik dan analgesik (di Ekuador).

Maaf jika ada kesalahan dan kekeliruan dalam tulisan ini.
Mohon tulis koreksi dan sarannya pada kolom komentar di bawah ini.
* Terimakasih *

2 comments: