;
SPACE FOR RENT

[DIY] Membuat Lilin Dari Minyak Jelantah

Hallo sobat apa kabar? semoga dalam keadaan baik ya, sudah lama tidak bertemu dan tidak update post blog nich, harap maklum ya sobat banyak kesibukan lain. Dan sekarang lagi agak santai nich dan tiba-tiba teringat semalam mati lampu, nyari batre emergency lupa belum dicharge, nyari lilin stoknya habis, wah ribet banget kan kalau sudah seperti itu? yang akhirnya dengan 'The Power of Kepepet' dibikinlah lilin dadakan memakai minyak jelantah. Penasaran kan seperti apa? dan bagaimana cara buatnya? simak nich ya step by step-nya.

oiya, dengan membuat lilin minyak jelantah ini, kita ikut andil mengurangi limbah lho, kok bisa? yaaa, karena kita menggunakan barang yang sudah tidak dipakai untuk dipakai agar lebih bermanfaat lagi, istilah daerah sononya itu "re-use" (ups betul gak ya, maaf ya kalau salah, hehehe).

okeh langsung saja sobat kembali ke lilin minyak jelantah. Untuk membuat lilin minyak jelantah simple saja sobat, bahan dan alatnya cukup mudah didapat, nich cek di bawah ini ya:
  • kaleng bekas yang non plastik (bisa bekas susu kental, bekas sarden, atau bekas minuman);
  • kapas secukupnya; dan
  • minyak jelantah tentunya.
Cara membuatnya seperti ini:
  1. potong kaleng bekas setinggi 2cm - 3cm.
  2. linting kapas sampai padat dan sebesar batang korek api (lebih kecil lebih baik lagi) dengan panjang yang cukup. kemudian lilit kapas melingkar sampai sebesar lingkaran kaleng, sembulkan ujung kapas yang ada di tengah lilitan sehingga seperti batang pohon yang berdiri kokoh, dan letakkan di kaleng yang sudah di potong tadi.
  3. masukkan minyak jelantah ke kaleng yang sudah dipotong, hingga membasahi (menenggelamkan) lilitan kapas, kecuali ujung kapas yang berdiri (harus basah, tapi jangan tenggelam oleh minyak jelantah).
  4. jika posisi pada langkah no. 3 sudah benar, nyalakan api di kapas yang berdiri yang sudah basah oleh minyak jelantah (ingat jangan sampai tenggelam oleh minyak jelantah, cukup hanya basah). maka api akan menyala membakar minyak jelantah yang ada di kapas, hal ini seperti cara kerja kompor sumbu, dimana kapas sebagai sumbu dan minyak jelantah sebagai bahan bakarnya.

CATATAN:
  • Jangan meletakkan lilin minyak jelantah di dekat bahan yang mudah terbakar.
  • Lilin minyak jelantah ini bersifat boros, karena minyak jelantah (minyak goreng) mudah menguap terhadap panas, jadi sebaiknya dijaga terus keadaan minyaknya, jika sudah mulai habis, cepat-cepat ditambah lagi.

Demikian sedikit kreasi dari saya untuk mengurangi limbah minyak jelantah. Jika memang bermanfaat, silakan dishare dengan mencantumkan link blog ini.

***TERIMAKASIH***


0 Response to "[DIY] Membuat Lilin Dari Minyak Jelantah"