M a n g - O m e t - T e a


PASAR FLORA | TREND FLORA | WISATA FLORA


Wednesday, July 18, 2018

Membuat Sendiri Desain Template untuk Blogspot


Beberapa hari terakhir ini saya kebingungan dengan tampilan blogspot teman saya karena ada ketidaksesuaian dengan tampilan yang diinginkannya, yaitu artikel ditampilkan secara keseluruhan pada halaman awal (homepage), padahal yang diinginkan adalah ditampilkan sebagian dan ada link baca selengkapnya atau read more.

Singkat cerita edit beberapa code dari templatenya, akan tetapi yang terjadi malah semakin parah karena kebingungan dengan ketidaktahuan adanya beberapa variabel dari element yang tidak tahu maksudnya apa (ini karena template awal memakai yang gratisan atau free template).

Akhir cerita akhirnya memutuskan untuk membuat sendiri desain template untuk blogspot supaya ketika ada penambahan atau perubahan penampilan agar lebih mudah dalam mengubah code templatenya karena sudah tahu variabel elementnya. untuk itu saya harus belajar dari awal dasar pembuatan template untuk blogspot.

Untuk belajar pembuatan template blogspot tersebut, saya akhirnya mencari beberapa tutorial untuk membuat sendiri desain template untuk blogspot. Saya putuskan mencari dengan metode yang paling murah, yaitu dengan menggunakan mbah Google 😆😆.

Setelah sekian lama ngubek ngubek mbah Google, akhirnya saya temukan tutorial yang saya rasa cukup singkat, padat, terstruktur dan to the point. untuk penghargaan dan sekaligus arsip saya dalam menyimpan sumber tutorial, saya simpan disini link-nya, ini dia link tutorialnya: "Tutorials on Blogger Template Design". Tapi sayang sekali tutorialnya dalam Bahasa Inggris, saya sangat kesulitan dalam memahaminya.

Jika ada sobat yang mempunyai tutorial serupa tapi dalam Bahasa Indonesia 😆😆, boleh dong berbagi link-nya disini (silakan tulis di komentar), dan terimakasih sebelumnya bagi yang sudi berbagi.

Sekian tulisan dari saya untuk saat ini, semoga bermanfaat. Jika ada koreksi, masukkan dan sarannya silakan tulis lewat komentar ya, terimakasih. 😊

Maaf jika ada kesalahan dan kekeliruan dalam tulisan ini.
Mohon tulis koreksi dan sarannya pada kolom komentar di bawah ini.
* Terimakasih *

4 comments:

  1. Abdi gaduh met tutorial auto readmore tanpa JavaScript: https://goo.gl/U9WaHw
    Hasilna jiga nu di halaman beranda blog abdi met.

    ReplyDelete
  2. Makasih gan info nya nanti saya coba deh http://dadangpoetih.blogspot.com/2018/09/cara-daftar-paytren-emoney.html?m=1

    ReplyDelete