M a n g - O m e t - T e a


PASAR FLORA | TREND FLORA | WISATA FLORA


Tuesday, September 22, 2020

Apakah Ini Serangga Lebah Madu Trigona (stingless bee)?

Halo teman, pagi ini seperti biasanya saya cek tanaman peliharaan depan rumah, sekedar hobi dan untuk mengisi waktu, terutama dimasa pandemi seperti saat ini banyak waktu yang luang tanpa kegiatan. Biasanya saya cek tanaman barangkali ada yang rusak atau terguling atau kekurangan air atau ada hama seperti kutu putih atau semut ataupun serangga lainnya yang sifatnya mengganggu.

 

Tibalah saya cek pada pohon ranti (orang sini, kebetulan saya orang sunda, biasa menyebutnya dengan “leunca”), ternyata pohon ranti depan rumah sedang berbunga dan sebagian sudah menjadi buah tapi masih kecil. Buah ranti biasanya suka dimakan sebagai lalapan cocol ke sambel, atau juga bisa dimasak berbagai macam olahan kuliner, yang paling sering disini biasanya dimasak karedok (sunda: karedok leunca) yaitu dimasak dengan bumbu oncom atau bisa juga dengan bumbu tauco. Ups maaf teman terlalu jauh nih saya menyimpang sampai membahas kuliner, jadi laperrrrr nh perut, hehehe, ok balik lagi ke awal, saya agak tertarik saat memeriksa pohon ranti ini, karena pada salah satu bunganya terdapat serangga yang terbang dan hinggap di tengah bunga (mungkin putik atau mungkin serbuk sari). Awalnya saya pikir lalat yang terbang dan hinggap pada bunga tersebut, karena besarnya seukuran anak lalat, dan terbang nyaris tidak bersuara.

 

Saya perhatikan lebih dekat lagi ternyata bukan lalat, karena saya penasaran lalu saya ambil foto dari serangga tersebut untuk kemudian saya cari informasi lewat online. Coba perhatikan beberapa foto dibawah ini, serangga apakah yang hinggap pada bunga ranti tersebut? (maaf sebelumnya kalau fotonya kurang jelas ya, maklum pakai kamera smartphone jadul, ditambah lagi tidak mahir dalam mengambil foto).


 Diduga Serangga Trigona (Stingless Bee) Sedang Hinggap Pada Bunga Ranti

 

Setelah saya cari-cari lewat google, dan beberapa sumber lainnya, saya mengira kalau serangga tersebut menyerupai dengan serangga lebah madu jenis trigona (stingless bee), kalau orang sunda menyebutnya dengan istilah “teuweul”. Tapi itu hanya perkiraan saya saja, bagaimana menurut teman sekalian, coba amati gambarnya, apakah betul itu serangga lebah madu jenis trigona (stingless bee)? Tulis pendapat teman-teman pada komentar di bawah ini ya! Semoga nantinya menjadi saling berbagi ilmu dan bermanfaat bagi kita semua, aamiin. Ditunggu pendapatnya ya…


Maaf jika ada kesalahan dan kekeliruan dalam tulisan ini.
Mohon tulis koreksi dan sarannya pada kolom komentar di bawah ini.
* Terimakasih *

2 comments: