M a n g - O m e t - T e a


PASAR FLORA | TREND FLORA | WISATA FLORA


Friday, February 24, 2023

Mengenal Hama Belalang: Cara Mengidentifikasi dan Mengatasi Serangan di Kebun

Teman-teman, hari ini saya menemukan hal menarik sekaligus menjengkelkan. seperti terlihat pada gambar, segerombolan belalang yang masih kecil sedang nangkring pada bibit pohon yang masih kecil. Sangat menarik karena ukurannya yang masih kecil, sangat imut-imut. Sekaligus juga sangat menjengkelkan, karena bisa merusak dengan memakan daun tanaman.

 

hama belalang

 

Hama belalang ini dapat menjadi masalah besar bagi petani dan tukang kebun. Serangan mereka bisa merusak tanaman terutama bagian daun. Namun, dengan mengenal tanda-tanda serangan dan mengetahui cara mengendalikannya, kita dapat melindungi kebun kita dari hama belalang.

Selain merusak bagian daun, Hama belalang juga merusak bagian lain tanaman dengan cara mengunyah bunga, dan buah. Beberapa tanda-tanda serangan hama belalang adalah sebagai berikut:

  1. Kerusakan pada daun: Belalang umumnya akan mengunyah daun pada bagian tepi, dan ini akan membuat tanaman terlihat seperti terpotong-potong. Jika kerusakan parah, daun mungkin terlihat berlubang atau bahkan hilang.
  2. Kehadiran bekas gigitan: Belalang umumnya menggigit dengan tiga gigitan, meninggalkan bekas gigitan yang biasanya ada di bagian tepi daun.
  3. Kotoran belalang: Hama belalang akan meninggalkan kotoran mereka di atas daun atau pada permukaan tanah.

 

Nah teman-teman, dengan mengetahui tanda-tanda serangan belalang tersebut, kita bisa mengatasi serangan hama belalang dengan cara mengendalikannya. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengendalikan serangan hama belalang di kebun:

  1. Menjaga kebersihan kebun: Hama belalang suka bersembunyi di dedaunan yang rimbun dan di tanah. Oleh karena itu, pastikan untuk membersihkan kebun secara teratur.
  2. Membuat perangkap belalang: Kita dapat membuat perangkap belalang yang sederhana dan murah menggunakan botol plastik, air sabun, dan lampu. Pasang perangkap di area yang sering diserang belalang.
  3. Menggunakan predator alami: Ada beberapa jenis predator alami seperti burung dan serangga pemangsa yang dapat membantu mengendalikan hama belalang di kebun.
  4. Menggunakan pestisida organik: Pestisida organik, seperti minyak neem, dapat membantu mengendalikan serangan hama belalang tanpa merusak lingkungan.

 

Dalam mengatasi serangan hama belalang, pastikan untuk memilih cara yang ramah lingkungan dan aman bagi tanaman serta hewan di kebun ya teman-teman. Dengan mengidentifikasi serangan hama belalang dan mengambil langkah-langkah yang tepat, kita dapat melindungi kebun kita dari serangan hama belalang.


Maaf jika ada kesalahan dan kekeliruan dalam tulisan ini.
Mohon tulis koreksi dan sarannya pada kolom komentar di bawah ini.
* Terimakasih *

No comments:

Post a Comment